Cubadak, here i come!!!

Suatu hari, percakapan lewat whatsapp:
Saya       : "Eh, Mandala promo nih Rp.100,- mau jalan ga?"
Teman 1 : "Rutenya ke mana aja?"
Saya       : "Hm...yang menarik sih Surabaya dan Padang"
Teman 2 : "Padang aja yuk, Surabaya bingung juga mau ngapain, Padang kita ke Bukittinggi aja"

Kemudian akhirnya terjadilah rencana itu. Kami berangkat ke Padang pake maskapai yang promo itu. Harga tiketnya?Total nett PP Rp. 60.200,- per orang. Yipeeeyy!!!
Waktu saya bilang ke mama saya kalo saya mau ke Padang trus kasitau soal harga tiketnya, mama saya sampe nanya "Itu dapet tempat duduk?"hahahaha iyalaahh...baru kali ini dapet tiket semurah ini. 
Kebetulan dari kita bertiga yang udah pernah ke Padang itu cuma saya, tapi sayapun waktu itu karena dalam rangka kerja bukan jalan-jalan jadi yah ngga sempet explore lebih jauh lah, cuma mentok di kota Padang aja. Kali ini kami malah berencana cuma mampir bentar aja di Padang karena akan lebih mengeksplore Bukittinggi dan Cubadak.
Baidewei soal Cubadak, saya sudah mengetahui tentang pesona pulau ini sejak membaca buku The Naked Traveler sekitar tahun 2007 dan sempat menjadikan Cubadak sebagai wishlist destination saya sejak saat itu dan akhirnya kesampaian tahun ini :)
Untuk mencapai pulau Cubadak ini tidaklah mudah, apalagi hari sebelumnya kami berangkat dari Bukittinggi yang letaknya sangat jauh dari Cubadak. Kalo harus dirunut, kami tiba di Padang, naik travel ke Bukittinggi, bermalam di sana sambil jalan-jalan ke Ngarai Sianok(dan ngga lupa mampir makan di Gulai Itik yang terkenal di dekat Ngarai Sianok itu), besoknya kami langsung pergi ke Padang lagi buat nerusin ke Cubadak. Perjalanannya jauuuuh banget. Tapi kalo mau sampe surga, bukannya kita harus bersusah payah dulu bukan? :)
Dari Padang ngga bisa langsung ke Cubadak. Setelah sebelumnya googling sana-sini, kami memutuskan untuk menginap di Painan. Karena satu-satunya akses untuk ke pulau Cubadak adalah lewat pantai Carocok di Painan. Ah iya, sebelum ke Cubadak, kita harus reserved dulu. Bukannya apa-apa, itu kan termasuk private island yang dikelola sama pasangan suami-isteri berkebangsaan Italia dan Prancis. Jadi ngga bisa gitu aja pengen maen ke sana. Dan karena terbatas sama budget, kami bertiga hanya booking one day trip yang biayanya Rp.250.000,-. Biaya itu sudah termasuk antar jemput dari dermaga pantai Carocok - Pulau Cubadak, makan siang satu kali plus snorkeling sepuasnya. Ngga ada jam-jam-an pokoknya seharian asal ngga nginep. Kenapa kita ngga ninep aja di sana?soalnya biayanya MAHAL hahaha per orang itu dikenakan Rp.1.000.000,- yes, sejuta per orang. Walopun misal kita nginep di bungalownya itu, harganya bukan per bungalow tapi diitung per kepala. Yah secara budget terbatas dan mikir sayang juga, jadi kita mutusin buat one day trip itu aja deh hehehe

foto dari boat, otw ke Cubadak

Begitu sampe di Cubadak, kami langsung disambut oleh Dominique dan Nani, dua bule yang pengelola Cubadak ini (hm,,,entah pengelola atau emang cubadak ini udah punya mereka sih hehehe). Kita langsung dibawa ke salah satu bungalow. Wow, ternyata kita dikasih bungalow juga buat istirahat dan mandi2, mayan juga ni bayar 250.000 jadi ngga berasa terlalu mahal jadinya. Bungalownya asik, dan keadaan sekitarnya sepi, ga berisik, cuma kedengeran suara air dari pantai. Tempat yang cocok banget buat nyepi, dan melakukan the art of doing nothing :)
Setelah naro barang-barang kami di bungalow dan ganti baju renang, kami langsung minta peralatan snorkeling ke Dominique trus langsung nyebur deh. Saya yang sebenernya ngga bisa berenang, nekad buat nyoba snorkeling. Toh pake pelampung ini kok. Dan menurut informasi yang saya baca di komik Detektif Conan (iya, komik Conan), sebenernya snorkeling dan diving boleh kok buat yang ngga bisa berenang juga, kan pake pelampung, yang penting orangnya ngga panikan di dalam air. Berkat informasi itu, saya yang pada dasarnya emang adrenalin seeker, langsung nyebur aja, padahal sebelumnya ditanya gitu sama Dominique, pada bisa renang ga?hihihi 
Puas snorkeling, kami foto-foto di sekitaran pantainya. Sumpah...ga pengen pulang rasanya. Pantainya bersiiih banget. Dan selain kami bertiga, hanya ada satu pasangan suami-istri yang orang indonesia. Sisanya bule. Cubadak ini memang mungkin belum terlalu familiar di telinga orang-orang indonesia, buktinya jarang banget saya menemukan blog yang ditulis orang indonesia tentang Cubadak. Taunya malah dari beberapa review orang luar. Agak siangan setelah istirahat sebentar di bungalow, tiba-tiba ada serombongan cewek orang indonesia dateng. Sumpah ni cewek-cewek berisiiik banget. Kami bertiga yang tadinya lagi santai-santai malah jadi males ngedengerin mereka ngomong keras-keras. Mana lagi mereka complaint soal ngga ada sinyal handphone maupun wifi. Meeehh...lah kita ke sini kan buat get lost, buat liburan, peduli amat sama sinyal handphone. Mana dari obrolan-obrolannya mereka malah ngejelek-jelekin Cubadak ini lagi. Tessa salah satu temen saya sempat naik darah waktu denger obrolan mereka ini, emang sih nyebelin banget. Tapi karena niat kita ke sini mau seneng-senang, yasud deh sebodo amat dengan mereka dan berusaha menjauh dari mereka.
Satu yang saya sesalkan dari perjalanan ini, ketemu sama orang-orang yang ngga bisa menghargai potensi negara sendiri. Jujur saya akui, saya juga masih belum bisa jalan ke banyak daerah di indonesia dan mungkin jadinya lebih cenderung memilih untuk ke luar negeri dulu dibanding jalan di sini, tapi begitu denger ada orang-orang yang bilang jelek tentang negara sendiri dengan beneran maksudnya mencemooh (saya bisa ngebedain mana orang yang kasih kritik dengan benar, mana yang cuma asal), saya jadi sedih. Di lain pihak saya bersyukur juga Cubadak ini dikelola oleh orang luar, karena kalo dikelola pemda, saya ngga yakin, keindahan Cubadak bisa terjaga seperti sekarang (nah kan, saya sendiri ngritik orang indonesia hehehe)
Saya bermimpi suatu hari pariwisata indonesia bisa lebih berkembang lagi dan yang pasti ini bukan cuma urusan pemerintah sih, kita semua harus turun tangan (berasa pak Anies Baswedan :p) dalam memajukan pariwisata indonesia karena potensi yang kita punya itu sangat besar. Sumpah deh :)

Commentaires

Articles les plus consultés